Selamat Datang...!!!! Semoga Bermanfaat...

Selamat Datang...!!! Semoga Bermanfaat...!!!

Menimbang Kembali Kalender Pendidikan

Menggelitik hati dan perasaan penulis, pada saat sekarang ini anak-anak kelas delapan masih belajar disekolahan sedangkan kakak-kakak mereka telah berkeliaran di luar kelas dan dijalanan karena sedang menunggu pengumuman Ujian Nasional.

Huft..jangan salahkan mereka, murid-murid kelas sembilan yang sekarang sedang bersantai tak "terarah" karena bingung harus melakukan apa, antar deg-degan senang dan deg-degan takut kalau-kalau tidak lulus.

Pelaksanaan ujian yang mengambil waktu ditengah semester ini hemat penulis merupakan kerugian yang besar bagi proses pembelajawan di institusi pendidikan. pelaksanaan ujian yang mengambil waktu pertengahan ujian menyisakan waktu 5 sampai 6 minggu efektif kalender pendidikan.

Jika demikian anak-anak tersebut mengalami kerugian jumlah jam pelajaran setiap minggunya(pekan) dikali jumlah jumlah pekan efektif setelah Ujian Nasional. mungkin hitungannya nggak sampai angka seratus, tetapi bagi yang berpedoman dan berafiliasi bahwa waktu amatlah berguna maka ini sangat merugikan.

Sisi lain pengumuman yang juga masih lama membutuhkan manajemen hati, pengaturan emosi, agar tidak mengalami stres karena menunggu hasil Ujian Nasional.

Semua tergantung pada pengambil kebijakan...bukan kepada orang yang cuma bisa usul seperti ini..menurut anda..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar