Selamat Datang...!!!! Semoga Bermanfaat...

Selamat Datang...!!! Semoga Bermanfaat...!!!

Jangan sepelekan

Jangan Sepelekan Hal Kecil

Jangan menyepelekan hal-hal kecil, namun juga jangan membesar-besarkannya. Sering kali, kita berbeda memandang mana yang besar dan mana yang kecil. Apa yang kita anggap kecil, mungkin besar bagi orang lain. Demikian juga, apa yang kita anggap besar, mungkin kecil di mata orang.
Saya pernah membuang plastik bekas pembungkus bed tempat tidur, ternyata dipungut dan disimpan seorang nenek. Saya terharu saat menyaksikan plastik tersebut bermanfaat saat gempa besar Jogja tahun 2006, nenek itu kehilangan rumahnya. Rumah sederhana si nenek hancur, rata dengan tanah karena gempa, sebagaimana rumah-rumah warga lainnya.

Si nenek membuat gubug sementara untuk sekedar bertuduh. Dikumpulkannya kayu-kayu bekas, disusun seadanya, dan atap yang digunakan adalah plastik bekas yang diambilnya dari rumah saya. Sebagian plastik untuk atap dan sebagian lagi untuk alas.
Tidak pernah terbayang oleh saya, bahwa plastik bekas tersebut memberikan manfaat. Pada saat gempa besar melanda Jogja, malam pertama setelah gempa dilanda hujan yang sangat lebat. Masyarakat Bantul yang kehilangan rumah, harus menikmati hujan di lapangan dan tempat penampungan pengungsi. Banyak yang tidak memiliki tenda untuk berteduh.
Suasana sangat gelap karena listrik padam, disertai hujan deras telah mengguyur para korban gempa tanpa pandang bulu. Anak-anak kecil menangis, bahkan bayi yang masih dalam gendongan, sampai nenek-nenek tua kehujanan di dalam kegelapan malam. Tanpa tempat berteduh. Bahkan sebagian rumah yang masih berdiri pun, tak ada yang berani memasuki karena gempa susulan masih sering terjadi, hampir setiap jam. Masyarakat takut untuk berlindung di dalam rumah yang masih berdiri.
Nenek itu, bernama Minah, berteduh di gubug sederhana yang dibuatnya sendiri. Plastik bekas pembungkus bed yang telah saya buang, ternyata membawa manfaat bagi nenek Minah saat hujan deras menimpa. Walau tidak sempurna, namun masih ada tempat untuk berteduh.
Ya, barang kecil dan sederhana, mungkin sudah tidak ada gunanya bagi anda. Namun bagi orang lain, bisa jadi barang itu sangat bermakna. Demikian pula perkataan, tulisan dan perbuatan.
Kita mungkin menganggap sepele omongan yang kita sampaikan kepada orang lain, namun ternyata terasa besar pada orang itu. Mungkin kita merasa melakukan hal yang kecil, namun ternyata menjadi besar dalam pandangan orang lain.
Maka, jangan sepelekan hal-hal kecil. Namun juga jangan membesarf-besarkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar